Pengenalan Kode Pseudo (Pseudocode)

Kode Pseudo (Pseudo-code) adalah sebuah kode yang digunakan untuk menulis sebuah algoritma dengan cara yang bebas yang tidak terikat dengan bahasa pemrograman tertentu.

Pseudo-code berisikan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu permasalahan [hampir sama dengan algoritma], hanya saja bentuknya sedikit berbeda dari algoritma.

Pseudo-code menggunakan bahasa yang hampir menyerupai bahasa pemrograman. Selain itu biasanya pseudo-code menggunakan bahasa yang mudah dipahami secara universal dan juga lebih ringkas dari pada algoritma.
Struktur Kode Pseudo (Pseudo-code)
Judul
         {Berisi Judul Algoritma}
Deskripsi
         {Berisi Deklarasi Variabel atau Konstantan}
Implementasi
         {Berisi Inti Algoritma}
Notasi - notasi Pseudo
1. Bentuk Pernyataan
X <---- Y
keterangan :
X : diberi nilai
Y : Memberi Nilai
Ex : Hasil <---- Bilangan Mod 2
2. Bentuk Percabangan
  • if kondisi then
          pernyataan
  • if kondisi 1 then
          pernyataan 1
    else
          pernyataan 2
  • if kondisi 1 then
          pernyataan 1
    else if kodisi 2 then
          pernyataan 2
    else if kondisi n then
          pernyataan
    else
          pernyataan else
3. Bentuk Perulangan
  • for (persyaratan) do
          pernyataan for
  • while (persyaratan)
          pernyataan while
  • Repeat
          pernyataan repeat
    Until (persyratan)
Contoh : Algoritma untuk menentukan bilangan Genap/Ganjil (Pseudo-code)
Deskripsi
      hasil,bil : integer
Implementasi
      Baca (bil)
      hasil <---- bil mod 2
if hasil = 0 then
      cetak (Genap)
else
      cetak (Ganjil)
End.
Sekian dulu postingan tentang Pengenalan Kode Pseudo (Pseudo-code). Semoga postingan ini bisa bermanfaat.
http://2.bp.blogspot.com/-fnCBFVvLxl4/T60N8_BcwpI/AAAAAAAABKM/3zCrVA0lZr8/s72-c/realview.jpg

16 Responses to "Pengenalan Kode Pseudo (Pseudocode)"

  1. hahaha.. sama neng ane jg baru belajar.. :D

    ReplyDelete
  2. keren banget nih pengenalas Pseudocode ini sobat, jadi teringat waktu belajar pascal dulu..

    iya sob, gimana c cara daftar iklan Google???

    ReplyDelete
  3. ini iklan google yang di blog abdugreen sob.. cz, kan akun GA udah support ama blog bhs indonesia, coba aja sobat, blognya sobat daftarkan

    ReplyDelete
  4. itu kode langkah/urutan bahasa pemrograman, namun bukan bahasa program neng,.

    ReplyDelete
  5. OOhh salah satu bentuk algoritma yaa? tingkat tinggi nih.. setidaknya ane dapat ilmu lagi tntang dunia pemrograman. hehe

    ReplyDelete
  6. Peseudo?? Baru ini ane tau.. jadi dengan belajar itu lebih mudah menyusun algoritma pemrogrmana.. hmm Thanks ilmunya

    ReplyDelete
  7. @ Asalasah & Oh Gitu.. ==>> Sama2 sobat,, semoga bisa bermanfaat

    ReplyDelete
  8. ada contoh buat perulangan dan percabangan ?
    pseudocode masih Bingung gimana merangkainya =="

    ReplyDelete
    Replies
    1. flowchart juga masih bingung ngerangkainya

      Delete
    2. flowchart juga masih bingung ngerangkainya

      Delete
  9. Tutorialnya bermanfaat, Terima Kasih

    ReplyDelete
  10. boleh minta tolong , buatin contoh pseudocodenya percabangan yang lengkap ,,hhe skian trima kasih

    ReplyDelete
  11. kalo bisa , dari input sampai output nya juga ya :)

    ReplyDelete
  12. Izin tulis buat tgas
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete