-->
banner here

Pengenalan Dasar Program Pascal

- 8:06 AM
advertise here
Pascal merupakan Bahasa Pemrograman yang pertama kali di buat dan dikembangkan pada awal tahun 70-an oleh Profesor Niklaus Wirth di Technical University, Zuurich-Swiss.
Nama PASCAL di ambil dari nama seorang ahli matematikawan Perancis, yaitu Blaise Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu.

Pada sebuah program Pascal berisi kepala program, anak kalimat uses (tidakharus ada), serta blok pengumuman dan pernyataan. Kepala program menunjukkan nama program. Anak kalimat uses menggunakan unit-unit yang dipakai oleh program tersebut. Bagian terakhir merupakan blok yang berisi pengumuman san pernyataan yang akan dijalankan.

Setiap Program Pascal Mempunyai Struktur/Susunan sebagai berikut:
Program Nama_Program;
uses crt/win crt
. . . {Unit-unit yang dipakai} ;
label
. . . {label-label yang dipakai } ;
const
. . . {pengumuman tetapan-tetapan} ;
type
. . . { pengumuman tipe-tipe data };
var
. . . { pengumuman peubah-peubah };
begin
. . .{ Program utama }
end.
Unsur aturan penulisan dasar—disebut token—akan digabung membentuk ungkapan (expressions), pengumuman (declarations), dan pernyataan (statements). Pernyataan menggambarkan tindakan algoritma yang dapat dijalankan dalam program. Setiap ungkapan adalah sebuah aturan kesatuan aturan penulisan yang terdapat dalam pernyataan dan menunjukkan sebuah nilai. Setiap ungkapan terdiri dari operator dan
operand.
Sedangkan pengumuman menegaskan sebuah pengenal (identifier) yang dapat digunakan pada ungkapan atau pernyataan, dan bila diperlukan memesan tempat pada pengingat untuk pengenal tersebut.

Sebagai Contoh programnya berikut ini :
program P0101;
{ program untuk menampilkan data diri }
uses Crt;
var
nama, alamat,hobby : string;
{ program utama }
begin
Writeln(' Program Penampil Data Diri ');
Writeln('********************************');
Write('Masukkan Nama : ');
Readln(nama);
Write('Masukkan Alamat : ');
Readln(alamat);
Write('Masukkan Hobby : ');
Readln(hobby);
Writeln;
Writeln('Hallo ',nama,' !!! kamu tinggal di ',
alamat, ' dan Hobbymu adalah ',hobby);
Readln;
end.
Sekian Untuk pertemuan kali ini, mudah mudahan ini merupakan suatu awal yang baik untuk saya memulai ngeblog ini. Semoga bermanfaat.https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhWe7TCBtA9-267et9-JcQGyGh1oJVQ1_t0qcNnNwILAl3dQ6nPNGnv1o03jYF_OjyUw-bj0uiP9YbvjpnTcsh1nbJyvPaO2bdQEgcW2xQIcp-U-L2xHUOEd3_pbbCPoHQTA1jYXli5l8/s72-c/download.jpg
Advertisement advertise here

4 komentar


EmoticonEmoticon

Next Post This Older
 

Start typing and press Enter to search